PRODUKSI IKAN HIAS DI KABUPATEN BLITAR

Selasa, 09 Februari 2021

Perkembangan produksi ikan hias di Kabupaten Blitar dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara signifikan. Pada tahun 2020 jumlah produksi ikan hias yang dihasilkan sebesar 224.127.450 ekor benih dengan nilai produksi Rp. 236.593.050.000,- jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu tahun 2019 produksi ikan hias yang dihasilkan adalah 221.247.130 ekor dengan nilai produksi Rp. 232.582.200.000,- dari data tersebut terdapat peningkatan produksi ikan hias sebesar 2.880.320 ekor selama tahun 2020.

Produksi ikan hias tersebut dihasilkan oleh 375 Rumah Tangga Perikanan (RTP) dan 1560 pembudidaya yang tersebar pada beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Blitar. Dengan luas wadah budidaya berkisar 422.335 m2. Produksi ikan hias di Kabupaten Blitar di dominasi oleh ikan hias koi, mengingat Kabupaten Blitar merupakan salah satu sentra ikan hias koi di Indonesia. Sentra ikan hias koi di Kabupaten Blitar tersebar di beberapa wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Nglegok, Sanankulon, Gandusari, Garum dan Selopuro. Sedangkan untuk jenis ikan hias lainnya banyak di temukan di wilayah Kecamatan Wonodadi.

Ikan koi yang dihasilkan oleh pembudidaya Koi di Kabupaten Blitar ada berbagai macam jenis. Ikan Koi yang diproduksi dikelompokan menjadi beberapa grade sesuai permintaan pasar. Untuk membedakan grade ikan berdasarkan ukuran tubuh, bentuk tubuh, corak warna, dan bagian-bagian tubuh ikan. Untuk menghasilkan ikan Koi yang berkualitas maka dilakukan seleksi sampai 4 kali yang memakan waktu selama kurang lebih 8 bulan. Jenis ikan koi yang diproduksi ada beberapa macam seperti Kohaku, Sanke,Asagi, Showa Sanshoku, Tancho,  Hi Utsuri, Kinginrin, Shusui dan Platinum dan beberapa jenis ikan koi lainnya.

Budidaya ikan hias baik koi maupun ikan hias lainnya memang sangat menjanjikan. Tingginya minat terhadap ikan hias khususnya ikan hias koi di Kabupaten Blitar  membuat semakin banyak pembudidaya ikan ataupun para pemasar yang mengusahakan budidaya ikan hias sebagai sumber mata pencaharian sehingga kegiatan budidaya ikan hias tersebut memiliki potensi peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Blitar. (Deni Sri Budi H, Pengawas Perikanan Ahli Muda)

SITUASI PENYAKIT BRUCELLOSIS PADA SAPI PERAH PETERNAKAN RAKYAT DI KABUPATEN BLITAR Dukung Operasi Pasar Disnakkan Kabupaten Blitar Siapkan 2.000 Paket Telur dan Produk Ikan PENTINGNYA VAKSINASI PADA HEWAN PELIHARAAN WASPADAI PENYAKIT BRUCELLOSIS PADA SAPI Kunjungan Kerja Bupati dan Wakil Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah, A.Md dan H. Rahmat Santoso, S.H, M.H di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar
Dinas Peternakan dan Perikanan
Alamat : Jl. Cokroaminoto No.22, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66117
E-mail : | Phone: (0342) 801136