Mengenal Branding dan Terapannya untuk Produk Ikan Hias Koi Kabupaten Blitar

Senin, 15 Februari 2021

Oleh: Endah Pramesti, S.Pi

Dalam menguatkan usaha dan mengembangkan usahanya secara berkelanjutan, seseorang tidak hanya dituntut untuk mampu melakukan selling atau menjual produknya saja. Pelaku usaha juga membutuhkan marketing dan branding. Istilah marketing dan branding sangat familiar di kalangan pelaku bisnis yang sudah memiliki omset yang besar. Namun, sebenarnya marketing dan branding juga bisa dilakukan untuk semua kalangan karena marketing dan branding hanyalah konsep dimana bisa diterapkan dalam bisnis atau usaha apapun dan di bidang manapun. Setiap usaha pasti membutuhkan marketing untuk memasarkan suatu produk atau output dari usaha tersebut. Selain itu pelaku usaha juga membutuhkan branding agar suatu produk bisa melekat di benak konsumen dan mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Marketing dan branding memang memiliki hubungan yang sangat erat. Pada dasarnya, branding adalah salah satu bagian dari kegiatan di dalam marketing itu sendiri. Marketing adalah upaya untuk menjual produk dan terfokus pada kepuasan konsumen. Sedangkan branding secara umum diartikan sebagai citra yang melekat pada produk tersebut. Secara sederhana, perbedaan antara marketing dan branding adalah branding terfokus pada cara untuk mengenalkan produsen dari produk tersebut. Sedangkan marketing terfokus pada berbagai  cara yang dilakukan perusahaan agar produknya laku terjual. Nastain (2017) menjelaskan bahwa dalam Komunikasi pemasaran, brand bukan sekedar nama dan logo, brand merupakan janji satu organisasi (satuan kerja) kepada pelanggan untuk memberikan apa yang menjadi prinsip brand tersebut. Brand merupakan sebuah merek dagang yang dikenal melalui nama maupun desain logonya. Brand yang kuat memiliki hubungan emosional dengan pelanggan. Memberikan kepercayaan dan kepuasan serta pemenuhan ekspektasi konsumen sasaran. Sedangkan branding merupakan proses penyebarluasan sebuah brand yang dimulai dari memperkenalkan informasi tentang produk kepada khalayak ramai.

Membangun brand atau branding produk perikanan memang tidak mudah tetapi bukanlah hal yang mustahil.  Branding  dilakukan dengan berbagai macam publikasi. Menciptakan brand “Koi Blitar” bisa dilakukan secara langsung kepada publik salah satunya dengan Launching product. Dimana kegiatan ini sebagai wadah yang menampung seluruh pembudidaya ikan hias koi yang telah memiliki sertifikasi CPIB dan sertifikasi CBIB.  Kegiatan ini dilakukan dengan mengundang berbagai media televisi, radio dan iklan. Selain itu, perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan kegiatan marketing khususnya secara online. Menurut Purwiyanto dan Adi (2020), Internet Marketing selain efektif dari segi waktu dan biaya juga bertujuan untuk membangun Brand Awareness atau biasa dikenal dengan kesadaran merk dalam benak konsumen sehingga sebisa mungkin menjadi top of mind dari konsumen. Target dari branding adalah untuk mengenalkan siapa produsen dari “Koi Blitar” dan bagaimana kualitas dan jaminan mutu dari “Koi Blitar” itu sendiri, dimana seluruh kegiatan budidaya yang dilakukan telah sesuai dengan standar keamanan dan kualitas mutu produk perikanan budidaya yang ditetapkan oleh pemerintah. Branding ini dapat membantu mengidentifikasi “Koi Blitar” dan membedakannya dengan produk yang lain atau produk ikan hias koi dari luar kawasan Kabupaten Blitar.

 

Referensi:

Nastain, Muhamad. 2017. Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). Channel. Vol. 5 ( 1): 14-26

Purwiyanto, Didik. FX, Adi Purwanto. 2020. Brand Awareness Sebagai Variabel Pemediasi Pengaruh Internet MarketingTerhadap Keputusan Pembelian. (Studi Kasus Mahasiswa Diploma Pelayaran Pada Pembelian Tiket Online di PT PELNI). JIABI . Vol. 4(2)

SITUASI PENYAKIT BRUCELLOSIS PADA SAPI PERAH PETERNAKAN RAKYAT DI KABUPATEN BLITAR Dukung Operasi Pasar Disnakkan Kabupaten Blitar Siapkan 2.000 Paket Telur dan Produk Ikan PENTINGNYA VAKSINASI PADA HEWAN PELIHARAAN WASPADAI PENYAKIT BRUCELLOSIS PADA SAPI Kunjungan Kerja Bupati dan Wakil Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah, A.Md dan H. Rahmat Santoso, S.H, M.H di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar
Dinas Peternakan dan Perikanan
Alamat : Jl. Cokroaminoto No.22, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66117
E-mail : | Phone: (0342) 801136